Navigasi

ROYAL EUROPEAN INTERNSHIP COUNCIL
GLOBAL INTERNSHIP PROGRAMME 2021

 

Royal European Internship Council, bekerjasama dengan National Health Service London memberikan kesempatan internship kepada mahasiswa Indonesia selama periode 4 (empat) dan 8 (delapan) bulan. Program internship ini terbagi 2 (dua) tahap, yaitu tahap Professional Training selama 2 (dua) bulan dan Job Assignment untuk bulan berikutnya. Peserta akan mengikuti internship di National Health Service London dengan basis WFH dan terlibat dalam desain & pengembangan program aplikasi & sistem National Health Service care homes untuk monitoring dan kontrol Kesehatan publik. Setelah lulus (4 atau 8 bulan), peserta berkesempatan untuk mengikuti Graduation ceremony di London pada bulan Desember 2021.

About Royal European Internship Council

Royal European Internship Council adalah sebuah institusi pendidikan di London yang menyediakan pelatihan, sertifikasi, dan industry networking (termasuk internship) kepada para mahasiswa/pelajar manca negara di London, UK. Adapun objective dari internship ini adalah sebgai berikut:

  • Memberikan pelatihan kepada negara2 berkembang untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi mahasiswa/pelajar.
  • Melakukan identifikasi terhadap kandidat potensial untuk mengembangkan global career di UK dan negara2 Eropa.

Royal European Internship Council bekerjasama dengan PT Inovasi Telematika Nusantara dalam Learning management systtem (LMS) platform, yaitu virtualtraining.id, untuk memfasilitasi online training dengan sertifikasi Royal European Internship Council. Online training, sebagai persiapan internship ini (pre-internship training), disediakan dengan subject tertentu (Java programming, Cyber security, dan Digital marketing), selama periode 1 (satu) minggu, sebagai syarat untuk mengikuti program internship NHS England.

About National Health Service

National Health Service adalah the world’s largest healthcare organization yang menyediakan healthcare service untuk warga Inggris. Ada 1.7 juta staf yang bekerja di seluruh National Health Service (Inggris) dan menjadikannya sebagai 5th largest employer in the world. Sejumlah negara, termasuk USA dan Australia, mengadopsi National Health Service UK program dalam menjalankan healthcare program di negara masing2.

About National Health Service Digital

National Health Service digital adalah suatu platform digital healthcare yang dikembangkan oleh National Health Service untuk membangun integrasi sistem Rumah Sakit/Klinik, Asuransi, dan layanan Kesehatan untuk publik di UK. Dengan platform National Health Service digital, Pemerintah Inggris menyusun kebijakan, menciptakan integrasi proses layanan, dan pengembangan produk2 aplikasi healthcare untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga mereka. National Health Service Digital telah merilis 43 aplikasi healthcare yang terintegrasi, dan telah digunakan oleh jutaan warga di Inggris.

National Health Service Digital melakukan transformasi digital dan mengalami perkembangan bertahap.

Pada tahap 1, National Health Service Digital menitikberatkan health and social care, yaitu pengembangan layanan dan jaringan sistem kesehatan, melalui sistem terpadu dan interkoneksi ke pusat2 layanan kesehatan seperti Rumah2 sakit, Klinik2 kesehatan, dan asuransi. Sementara tahap 2, National Health Service Digital akan menempatkan fokus pada pengembangan ekosistem aplikasi “Care Homes”, yaitu sebuah portal Kesehatan terpadu, yang menghubungkan pasien dengan saudara/kerabat (memudahkan kontrol dan perawatan), publik dengan layanan2 Kesehatan dan Asuransi, serta sistem yang memudahkan monitoring Kesehatan warga usia lanjut.

Para peserta internship akan terlibat dalam pengembangan National Health Service Digital tahap 2 (ekosistem care homes) dan mendapatkan pelatihan sejumlah materi teknologi yang digunakan National Health Service. Sesudah pelatihan, peserta akan mendapatkan job assignment tertentu sesuai dengan topik internship yang dipilih oleh peserta (programming, security, digital marketing). Selain internship certification yang akan diterima oleh peserta, sejumlah peserta berbakat dan terpilih akan menerima Excellent certification dan masuk ke dalam Global Visa Talent (Visa 2 tahun dan potential employment).

How important Care homes for National Health Service Digital?

Puluhan ribu warga usia lanjut di Inggris telah menderita akibat pandemic Covid19 dan ribuan di antaranya telah meninggal. Dari analisa pemerintah Inggris, kematian pasien banyak disebabkan oleh sistem layanan dan manajemen kesehatan yang belum optimal, khususnya di Care home (Rumah Lanjut Usia). Sistem yang ada belum mampu secara cepat dan efektif, melakukan contact tracing, mengakomodir informasi/ pengakuan pasien, mendapatkan update medical record sang pasien, dan hal2 lain yang diperlukan untuk melokalisir suspected serta memberikan layanan kesehatan yang optimal kepada warga usia lanjut. Aplikasi Care homes sangat diperlukan dan akan dijalankan sebagai National Project di Inggris. Sekaligus juga menyediakan kesempatan bagi peserta internship untuk memperoleh professional training dan job assignment, serta mempelajari best practices technology model untuk pengembangan sistem.

Butuh informasi lebih lanjut?

  • Internship akan dilakukan dengan basis WFH (work from home), dengan periode selama 4 (empat) dan 8 (delapan) bulan, terbagi atas 2 tahap, yaitu Professional training dan Job assignment.
  • Selama tahap professional training, yaitu 2 (dua) bulan pertama (Feb – April 2021), peserta akan memperoleh pelatihan mengenai sistem informasi National Health Service England dalam full spectrum secara komprehensif dengan 9 modul sebagai berikut :
    – Software web framework development
    – Cloud technology
    – Mobile apps development
    – Software process and standards
    – Big data engineering
    – Digital marketing
    – National Health Service artificial intelligence
    – National Health Service project management
    – Cyber security ISO 27001
  • Pelatihan ini diharapkan bisa membuka wawasan peserta thd teknologi dan sistem informasi National Health Service England secara lengkap (from A-Z) dan memperoleh pengetahuan aplikatif mengenai software & hardware system di National Health Service digital, cloud infrastructure, integrated database system, how the system works and process, dan benefit bagi para user.
  • Setelah melewati tahap training selama 2 bulan ini (tanpa exam), peserta akan memperoleh sertifikat per masing2 modul (total 9 modul) dan lanjut ke tahap job assignment, sesuai dgn subject/bidang yang dipilih.
  • Untuk tahap selanjutnya, job assignment, peserta akan mendapatkan tugas2 pekerjaan yang harus diselesaikan, melalui akses ke portal tertentu (receive and submission). Hasil tugas akan dianalisa dan dikembangkan lebih lanjut.
  • Komunikasi dengan peserta akan dilakukan melalui email dan Whatsapp messenger. Peserta wajib memiliki perangkat notebook/PC untuk mengikuti training dan mengerjakan tugas yang diberikan.
  • Professional training (selama periode 2 bulan pertama) dan Job assignment (untuk periode bulan-bulan selanjutnya) dilakukan secara fleksibel dan tidak ada keharusan untuk standby pada jam-jam tertentu, sehingga bisa diikuti oleh para mahasiswa yang sedang aktif kuliah (dan fresh graduate, dosen muda, serta karyawan).
  • Setelah lulus dari Job Assignment, peserta akan diundang untuk berkunjung ke Royal BCS/National Health Service London Office, mengikuti peluncuran aplikasi National Health Service Care Homes, dan menghadiri “Certificate Award Ceremony” pada bulan November-Desember 2021 (2 weeks). Bagi peserta yang tidak hadir, internship certification tetap akan diberikan, melalui courier service.
  • Selected talented students akan mendapatkan Excellent certificates dan direkomendasikan ke dalam program Global Talented Visa (VISA 2 tahun di Inggris dan employment opportunity).

Butuh informasi lebih lanjut?

  • Peserta adalah mahasiswa aktif dengan jurusan Computer science/ Informatika/ Cyber security/ Computer Graphics/ Marketing atau jurusan lainnya. Fresh graduate & Junior programmer dengan latar belakang akademis tersebut juga bisa berpartisipasi dalam program ini.
  • Peserta memahami bahasa Inggris, dalam hal reading dan writing. Tidak ada syarat atau keharusan untuk lancar berkomunikasi dalam bahasa Inggris, mengingat komunikasi lebih banyak dilakukan melalui internship portal National Health Service England.
  • Peserta telah mengikuti kegiatan perkuliahan secara aktif dan perlu mengirimkan hasil studi semester sebelumnya.
  • Peserta wajib mengikuti salah satu topik materi di Pre-Internship Training (programming, cyber security, digital marketing – pilih salah satu), periode Oktober – November 2020.
  • Peserta yang telah menyelesaikan program Pre-Internship, secara otomatis terdaftar dalam program Internship Royal EIC/National Health Service.

Butuh informasi lebih lanjut?

  • Silahkan mengunjungi Virtualtraining.id dan pilih salah satu materi yang tersedia (program pre-internship). Pelatihan akan dimulai pada tanggal 19 Oktober 2020.
  • Pelatihan berlangsung selama 1 (satu) minggu, dengan 3 (tiga) sampai 4 (empat) gelombang, mulai dari mid Oktober hingga mid November 2020. Pelatihan akan berisi materi, quiz, dan video conference untuk diskusi dan tanya jawab. Komunikasi pengajaran dan diskusi dalam video conference akan dilakukan dalam bahasa Indonesia/Inggris.
  • Setelah menyelesaikan dan lulus pelatihan, peserta akan mendapatkan electronic certificate Royal EIC secara otomatis (downloadable).
  • Biaya pelatihan Java Programming, Cyber Security, dan Digital Marketing adalah sebesar nilai yang tercantum pada topik materi (dibayarkan secara online). Peserta cukup memilih dan mengikuti salah satu topik materi untuk bisa mengikuti program international internship Royal EIC.
  • Peserta yang sudah lulus materi pelatihan, akan secara otomatis terdaftar ke dalam program internship Royal EIC. Informasi lebih lanjut akan dikirim via email dan WA.

Butuh informasi lebih lanjut?